Mahasiswa HI FISIP Umuslim PKL di PT.Asa Kopi Gayo

Dua orang mahasiswa Prodi Ilmu Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Almuslim (Umuslim) Sabtu, 10 Agustus 2024 resmi diserahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke pimpinan PT. Asa Kopi Gayo di Takengon Aceh Tengah, mereka adalah; Zahratul Husna dan Evasari Ramazani.

Mahasiswa diterima langsung oleh Armiyadi selaku pimpinan PT. Asa Kopi Gayo dan diserahkan oleh Al Azhar, S.S., M.Sos selaku DPL. Pada kesempatan tersebut disampaikan salam serta rasa hormat Dekan FISIP Jamaluddin, S.E., M.Si., Ak.CA., CAFP serta Ketua Prodi HI Risky Novialdy., S.IP., M.HI.

Menurut Armiyadi selaku pimpian serta owner dan pakar di bidang kopi; PT. Asa Kopi Gayo telah sukses melakukan ekspor ke empat negara yakni Amerika Serikat, Korea Selatan, Taiwan, dan China. Untuk memperluas pasar, perusahaan mereka telah menjadi penyuplai terpercaya bagi konsumen di luar negeri. Amerika Serikat merupakan salah satu tujuan utama ekspor dan menunjukkan tingginya permintaan akan kopi Gayo yang berkualitas tinggi serta memiliki cita rasa khas. Di samping itu, pasar di Korea Selatan, Taiwan, dan China juga menunjukkan potensi yang besar bagi produk kopi Gayo. Keberhasilan PT. Asa Kopi Gayo dalam mengekspor kopi ini menunjukkan kemampuan dan kualitas dari industri kopi Indonesia, sekaligus membawa nama baik bagi kopi Gayo di kancah internasional.

Al Azhar juga berharap kepada pimpinan PT. Asa Kopi Gayo dapat membimbing kedua mahasiswa tersebut agar memahami bagaimana proses kopi Gayo dapat menembus pasar dunia, apalagi keterkaitan dengan disiplin ilmu mereka di bidang hubungan internasional.

Sambutan yang begitu luar biasa dari PT. Asa Kopi Gayo serta pengetahuan di bidang entrepreneur yang diberikan kepada DPL serta mahasiswa merupakan sesuatu yang teramat berharga. Pertemuan diakhiri dengan makan siang bersama serta menikmati kopi Gayo produk perusahaan tersebut. Tak lupa DPL mengucapkan terima kasih yang begitu tinggi atas penyambutan yang istimewa tersebut. (al)